Tenses yang kelima dalam Bahasa Inggris adalah Past Simple Tense atau yang lebih populer disebut dengan Simple Past Tense. Secara sederhana, Tenses ini diartikan sebagai bentuk waktu yang menjelaskan tentang peristiwa atau perbuatan yang terjadi di masa lampau.

Rumus:


(1) Kalimat Verbal

  • Kalimat Positif = Subjek + V2 + dll

  • Kalimat Negatif = Subjek + did + non + V1 + dll

  • Kalimat Tanya = Did + Subjek + V1 + dll?


(2) Kalimat Non-Verbal

  • Kalimat Positif = Subjek + was, were + dll

  • Kalimat Negatif = Subjek + was, were + not + dll

  • Kalimat Tanya = Was, Were + Subjek + dll?


CATATAN:



  • “Did” digunakan untuk semua Subjek.

  • “Was” digunakan untuk Subjek I, he, she, It.

  • “Were” digunakan untuk Subjek You, We, They


Perhatikan contoh berikut ini:

  • They went to school (+)

  • They did not go to school (-)

  • Did they go  to school? (?)



  • She was here yesterday.

  • She was not here yesterday.

  • Was she here yesterday?


Keterangan Waktu


Keterangan waktu yang sering digunakan pada Simple Past Tense adalah:

  • yesterday

  • last week

  • 5 minutes ago 

  • just now

  • dll


Penggunaan Past Simple Tense:


Menyatakan suatu perbuatan yang dilakukan di masa lalu.

  • I lived in Surabaya until I was fourteen.
    (Saya tinggal di Surabaya sampai umur saya 14 tahun)

  • When I was a child, we always went to the seaside during school vacation.
    (Ketika saya masih anak-anak, kami selalu pergi ke pantai selama liburan sekolah.)


Dalam kalimat pengandaian, Past Simple Tense berfungsi untuk menjelaskan suatu pengandaian di masa sekarang atau masa yang akan datang.

  • If I had the money now, I would buy a car.
    (Jika saya punya uang sekarang, saya akan membeli sebuah mobil.)

  • If you went at about 5 o’clock tomorrow you could see him before he left the office.
    (Jika kamu pergi pada jam 5 besok kamu pasti dapat berjumpa dengannya sebelum dia pulang kantor.)


Menyatakan suatu kebiasaan yang dilakukan di masa lalu.

  • When I was young, I always went swimming on Sundays.
    (Ketika saya masih muda, saya selalu pergi berenang pada hari Minggu.)

  • When I was a child, we always went to the seaside during school vacation.
    (Ketika saya masih anak-anak, kami selalu pergi ke pantai selama liburan sekolah.)


Kadang-kadang menyatakan situasi yang masih berhubungan dengan masa sekarang. Fungsi ini berlaku biasanya untuk mengenang masa-masa lalu.

  • I married you because I wanted a wife who could cook well.
    (Saya menikahimu karena saya ingin seorang istri yang bisa memasak dengan baik.)

  • I wanted to be a policeman, but I wasn’t tall enough.
    (Saya ingin menjadi seorang polisi, namun saya kurang tinggi.)


Regular & Irregular Verbs


Pada Simple Past Tense, biasanya kita mengenal adanya Kata Kerja Beraturan (Regular Verbs), yaitu kata kerja yang secara beraturan berakhiran "-ed" pada kata kerja ke-2 dan ke-3, dan Kata Kerja Tak Beraturan (Irregular Verbs), yaitu kata kerja yang tidak beraturan pembentukan Kata Kerja ke-2 dan ke-3.

Contoh Regular Verbs:

  • call - called - called

  • want - wanted - wanted

  • help - helped - helped

  • dll


Contoh Irregular Verbs:

  • read - read - read

  • speak - spoke - spoken

  • go - went - gone

  • dll


Untuk pengelompokan yang lebih lengkap, silahkan buka kamus atau referensi lengkap lainnya. Sedangkan untuk membaca kata kerja berakhiran "-ed", Anda dapat mengunjungi situs ini melalui Kolom Pencarian.

Posting Komentar

 
Top