Future Simple Tense sering juga disebut sebagai Present Future Simple Tense atau lebih dikenal sebagai Simple Future Tense. Secara sederhana Tenses ini diartikan sebagai bentuk waktu yang menjelaskan tentang suatu peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang.

Rumus:


(1) Kalimat Verbal

  • Kalimat Positif = Subjek + will/shall + V1 + dll

  • Kalimat Negatif = Subjek + will/shall + not + V1 + dll

  • Kalimat Tanya = Will/Shall + Subjek + V1 + dll?


(2) Kalimat Non-Verbal

  • Kalimat Positif = Subjek + will/shall + be + dll

  • Kalimat Negatif = Subjek + will/shall + not + be + dll

  • Kalimat Tanya = Will/Shall + Subjek + be + dll?


Tanda Waktu


Tanda waktu yang sering digunakan pada Simple Future Tense adalah: tomorrow, next…, this afternoon, dll

CATATAN:

  • Dalam American English, Semua subjek menggunakan will. Shall tidak digunakan dalam Future Simple Tense.

  • Dalam British English. Will digunakan untuk semua Subjek, namun Shall hanya digunakan untuk I dan we saja.


Contoh:

  • They will go home soon.

  • They will not go home soon.

  • Will they go home soon?



  • She will be here tomorrow.

  • She won’t be here tomorrow.

  • Will she be here tomorrow?


Penggunaan


Future Simple Tense digunakan untuk:

Menyatakan perbuatan yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

  • He will go to Bali next week.
    (Dia akan pergi ke Bali minggu depan)

  • Mary and I will visit you soon.
    (Saya dan Mary akan mengunjungimu secepatnya)

  • They will be here next an hour.
    (Mereka akan berada disini 1 jam lagi)


Menyatakan janji yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

  • OK John, I will bring the novel tomorrow.
    (OK John, Saya akan membawa novel itu besok)

  • She promises that she will phone you by ten.
    (Dia berjanji bahwa dia akan menelpon kamu pada jam 10)

  • I will treat you, you have my words!
    (Saya akan mentraktir kamu, saya janji!)


Menawarkan bantuan.

  • Shall I close the door?
    (Biar saya yang membukakan pintu)

  • That bag looks heavy. I will help you with it.
    (Tas itu kelihatannya berat sekali. Saya akan membantumu)


Menyatakan suatu perbuatan atau aktivitas yang diputuskan secara mendadak (tidak ada rencana sebelumnya)

  • Alright, if nobody wants to bring the spoons, I will bring them.
    (Baiklah, jika tidak ada seorang pun yang mau membawa sendok, biar saya yang akan membawanya)

  • I am tired. I think I will go to bed.
    (Capek sekali! Saya mau istirahat dulu)


Membuat ungkapan prediksi akan sesuatu.

  • I think it will rain.
    (Saya rasa hari mau hujan)

  • MU plays better than Chelsea. I think MU will win this game.
    (MU bermain lebih baik daripada Chelsea dan saya rasa MU akan memenangkan pertandingan ini)


Setuju untuk melakukan sesuatu.

  • Alex:     If I have finished reading this novel, Can you lend it to me?
    (Jika saya sudah selesai membaca novel ini, saya mau untuk meminjamkannya kepdamu)
    Bob:    Of course, I will give it to you this afternoon.
    (Tentu saja, saya akan meminjamkannya sore ini)


Meminta seseorang untuk melakukan sesuatu.

  • Will you please be quiet? I am trying to concentrate.
    (Bisa diam? Saya berusaha konsentrasi)

  • Will you shut the door, please?
    (Tolong tutup pintunya!)


Menyatakan kalimat pengandaian (mengandai-andai akan melakukan sesuatu jika syaratnya…)

  • If I have a lot of money, I will buy a car.
    (Jika saya punya uang, saya akan membeli sebuah mobil)

  • She will give you the ball if you ask for it nicely.
    (Dia akan memberikan kamu bola itu jika kamu memintanya dengan baik-baik)


Kata-Kata Yang Sering Digunakan


Kata-kata berikut ini biasanya sering digunakan dalam kalimat Future Simple Tense, yaitu:

  • Probably = mungkin (will + probably + V-1)

  • I expect = saya harap (I expect + subjek + will + V1)

  • (I’m) sure = Saya yakin (I’m sure + subjek + will + V1)

  • (I) think = Saya rasa (I think + subjek + will + V1)

  • (I) don’t think = Saya rasa …tidak (I don’t think + subjek + will + V1)


Contoh:

  • I will probably be home late this evening.
    (Saya mungkin akan terlambat pulang malam ini)

  • I haven’t seen Carol today. I expect she will phone me this evening.
    (Saya tidak melihat Carol hari ini. Saya harap dia akan menelpon saya malam ini)

  • Don’t worry about the exam. I am sure you will pass.
    (= Don’t worry about the exam. Sure you will pass)
    (Jangan khawatir tentang ujian ini. Saya yakin kamu pasti akan lulus)

  • I think Sarah will like the present we bought her.
    (=Think Sarah will like the present we bought her)
    (Saya rasa Sarah akan menyukai hadiah yang kita bawakan ini)

  • I don’t think the exam will be very difficult.
    (Saya rasa, ujian itu tidak akan sulit)


Shall Dan Will


Shall banyak digunakan dalam kalimat tanya dengan “shall I…?” atau “shall we…?”. Kedua ekspresi tersebut digunakan untuk menawarkan atau menyarankan sesuatu agar dilakukan oleh “saya” atau “kami”.

  • Shall I open the window?
    (= Artinya: Apakah kamu mau agar saya yang membukakan jendela itu?)

  • I’ve got no money. What shall I do?
    (Artinya: Aku tidak punya uang. Saranmu, apa yang harus aku lakukan?)


Bandingkan “shall I…?” dengan “will you…?

  • Shall I shut the door?
    (Apakah kamu mau agar saya menutup pintu itu? = Menawarkan diri)

  • Will you shut the door?
    (Apakah kamu mau menutup pintu itu? = Menyuruh orang lain)


Will Dan Going To


will” dan “going to” mempunyai arti yang sama, yaitu “akan”. Namun ada perbedaan diantara keduanya, yaitu:

  • Will = Keputusan untuk melakukan sesuatu di masa yang akan datang muncul pada saat berbicara dan tidak ada perencanaan yang matang sebelumnya.

  • Going to = Keputusan untuk melakukan sesuatu di masa yang akan datang memang sudah diputuskan atau direncanakan sebelumnya.


Perhatikan contoh kalimat-kalimat di bawah ini untuk membuat penjelasan di atas menjadi lebih jelas.

  • Sue : Let’s have a party.
    Helen : That’s a great idea. We will invite lots of people.



  • Sue :  Helen and I decided to have a party. We are going to invite lots of people.
    Dave : That’s good. Are you going to invite me?
    Sue : Of course, we are.


will” dan “going to” juga memiliki persamaan penggunaan. Keduanya dapat digunakan untuk memprediksi sesuatu. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

  • I think the weather will be nice later. (BENAR)

  • I think the weather is going to be nice later. (BENAR)


Yang membedakan kedua kalimat di atas adalah tingkat keyakinan pembicara tentang prediksi yang ia buat. Apabila prediksi kita mendekati kebenaran, dan orang yang kita ajak bicara pun dapat memahami dan meyakini kebenaran prediksi kita, maka “going to” saja yang dapat digunakan. Perhatikan contoh berikut ini:

  • Look at those black clouds. It is going to rain. (BENAR)

  • Look at thise black clouds. It will rain. (SALAH)

Posting Komentar

 
Top