Kita gunakan “must” untuk menunjukkan kalau kita itu yakin akan sesuatu dan sesuatu itu pasti benar adanya. Biasanya diikuti dengan alasan yang kuat. Untuk membuat penjelasan ini semakin jelas, silahkan lihat contoh kalimat-kalimat di bawah ini: Selamat Belajar.


  • You must be worried that your daughter is so late coming home.
    (Kamu harusnya khawatir jika putrimu pulangnya larut malam)

  • I can’t remember what I did with it. I must be getting old.
    (Saya tidak ingat apa yang telah saya lakukan. Ini pasti karena faktor umur)

  • It must be nice to live in Jogjakarta.
    (Sepertinya senang sekali bisa tinggal di Jogjakarta)


Kita juga menggunakan “must” untuk mengekspresikan keharusan yang kuat. Artinya pembicara hampir sangat setuju akan keharusan tersebut.




  • You must go to bed earlier.
    (Kamu harus cepat tidur)

  • They must do something about it.
    (Mereka harus melakukan sesuatu)

  • You must come and see us some time.
    (Anda harus datang dan menemui kami kapan-kapan)


Kita gunakan “have to” untuk mengekspresikan keharusan yang sangat kuat. Keharusan yang timbul karena faktor luar.




  • I have to arrive at work at 7. My boss is very strict.
    (Saya terpaksa harus tiba di kantor jam 7. Bos saya orangnya keras)

  • We have to give him our answer today or lose out on the contract.
    (Kami terpaksa harus memberikan jawaban hari ini, kalau tidak, kontrak kami dikalahkan)

  • You have to pass your exams or the university will not accept you.
    (Kamu harus lulus ujian atau universitas itu tidak akan menerimamu)


Dalam British English, digunakan “have got to” yang artinya sama dengan “have to”.




  • I’ve got to take this book back to the library or I’ll get a fine.
    (Saya harus mengembalikan buku ini ke perpustakaan, kalau tidak saya akan kena denda)

  • We’ve got to finish now as somebody else needs this room.
    (Kami harus selesai sekarang karena seseorang membutuhkan ruangan ini)


Kita bisa juga gunakan “will have to“ untuk membicarakan keharusan. Sama seperti Must, keharusan yang bersumber dari diri pribadi yang menyatakan “memang“ sesuatu itu harus.




  • I’ll have to speak to him.
    (Memang saya harus berbicara dengannya)

  • They’ll have to do something about it.
    (Mereka memang harus melakukan sesuatu untuk mengatasi hal itu)


Mustn’t artinya dilarang.




  • We mustn’t talk about it. It’s confidential.
    (Kita dilarang membicarakannya. Ini rahasia)

  • I mustn’t eat chocolate. It’s bad for me.
    (Saya dilarang makan coklat. Coklat tidak bagus untuk kesehatan saya)

  • You mustn’t phone me at work. We aren’t allowed personal calls.
    (Kamu tidak boleh menelpon saya saat jam kerja. Tidak diijinkan untuk melakukan panggilan pribadi)


Gunakan “don’t have to“ (atau “haven’t got to” dalam British English) untuk bentuk negatif dari have to.




  • We don’t have to get there on time. The boss is away today.
    (Kita tidak mesti sampai di kantor tepat waktu, soalnya bos lagi keluar)

  • You don’t have to come if you don’t want to.
    (Kamu tidak mesti harus datang jika kamu tidak mau datang)


Posting Komentar

 
Top