Check In


Check in adalah istilah adalah perhotelan yang berarti masuk ke hotel. Istilah ini juga berlaku untuk masuk ke dalam mess, dan bentuk penginapan lainnya. Sedangkan Check out adalah lawan kata dari Check in, yaitu keluar dari kamar hotel, mess atau penginapan lainnya.

Sebelum kita praktek pada dialog yang mungkin muncul dalam kegiatan Check in atau Check out, berikut ini adalah ekspresi atau ungkapan-ungkapan yang dapat digunakan untuk kedua aktivitas tersebut.

Ekspresi yang dilakukan oleh Resepsionis:



  • What name is the reservation under? (Atas nama siapa pemesanannya?)

  • How long will you be staying? (Berapa lama mau menginapnya?)

  • Are you planning on checking out tomorrow? (Apakah Anda mau Check out besok?)

  • I’m afraid you can’t check in until after 4:00 pm. (Saya rasa Anda belum bisa check in sampai jam 4 sore ini)

  • What type of vehicle are you driving? (Anda naik mobil apa?)

  • Do you know the license plate number of your vehicle? (Nomor Plat mobil Anda berapa?)

  • Complimentary breakfast is served in the lobby between 8 and 10 am. (Sarapan disiapkan di lobby antara jam 8 hingga 10 pagi)

  • I’ll give you two room keys. (Saya akan memberikan Anda 2 kunci kamar)

  • The dining room is on the main floor at the end of the hall. (Ruang makan ada di lantai dasar di ujung ruang ini)

  • The weight room and sauna are on the top floor. (Ruang olah raga dan sauna ada di lantai paling atas)

  • Just call the front desk if you need any extra towels or pillows. (Hubungi saja front desk jika Anda butuh handuk atau bantal lagi)


Ekspresi yang disampaikan Tamu



  • We have a reservation under Jill McMann. (Pemesanan kami atas namaJill McMann)

  • Do you have any vacancies? (Masih ada kamar kosong?)

  • Is the hotel booked, or can we get a room for tonight? (Masih ada kamar kosong?)

  • How do we get to our room from here? (Dimana kamar kami?)

  • Is it okay to park out front? (Bisa parkir di depan hotel?)

  • What time is the pool open until? (Sampai jam berapa kolam renangnya buka?)

  • What time is breakfast served at? (Jam berapa sarapannya disiapkan?)

  • Is it too early to check in? (Apakah terlalu cepat untuk check in?)

  • Can we get a wake-up call? (Bisa bangunkan kami?)

  • When is check out time? (Jam berapa check out?)


Check Out


Ekspresi yang dilakukan oleh Resepsionis:



  • Are you ready to check out? (Apakah Anda mau check out?)

  • What room were you in? (Kamar nomor berapa?)

  • How was your stay? (Bagaimana perasaan Anda menginap disini?)

  • Was everything satisfactory? (Apakah semuanya memuaskan?)

  • Will you be putting this on your card? (Mau ditagih dari kartu kredit Anda?)

  • And how will you be paying for this? (Bagaimana cara pembayarannya?)

  • Would you like to speak to the hotel manager on duty? (Apakah Anda mau berbicara dengan Manager Hotel?)

  • I’ll just need your room keys, please. (Boleh saya minta kunci kamarnya?)

  • Enjoy the rest of your holiday. (Selamat menikmati sisa liburan Anda)

  • Have a safe trip home. (Semoga sampai tujuan dengan selamat)


Ekspresi yang disampaikan Tamu



  • We’re checking out of room 401. (Nomor kamar kami adalah 401)

  • Sorry we’re a bit late checking-out. (Ma’af agak terlambat check out)

  • I’m afraid we overslept/slept in. (Kami ketiduran)

  • We really enjoyed our stay. (Kami sangat suka menginap disini)

  • We have a few complaints. (Ada sedikit keluhan)

  • We’ll be back next time we’re in town. (Kami akan kembali lagi kemari kapan-kapan)


Contoh Percakapan


Receptionist:    Hi there. Are you checking out now? Mau check out sekarang?
Guest:    Yes, sorry. I know we’re a few minutes late. Ya. Mohon ma’af karena kami agak terlambat check out-nya.
Receptionist:    That’s no problem. It’s always really busy at check out time anyway. Tidak masalah. Biasa kalau mau check out selalu sibuk menyiapkan segala sesuatunya.
Guest:    Oh, really. The last hotel we stayed in charged us for a late check out. Oh ya. Di hotel lain, kami harus membayar karena terlambat check out.
Receptionist:    The hotel isn’t booked this week, so it’s not a problem. How was everything? Minggu ini tidak banyak pemesanan kamar, jadi tidak masalah. Bagaimana perasaan Anda menginap disini?
Guest:    The room was great. The beds were really comfortable. Kamarnya bagus. Tempat tidurnya nyaman.
Receptionist:    I’m glad you liked it. Kami senang Anda menyukainya.
Guest:    The kids were disappointed that the pool wasn’t open this morning, though. Tapi anak-anak agak sedikit kecewa karena kolam renangnya tidak buka pagi ini.
Receptionist:    I apologize for that. We can’t get a cleaner in any earlier than 10 am. Kami mohon ma’af atas hal itu. Kami belum selesai bersih-bersih sebelum jam 10.
Guest:    Well we had a nice swim last night anyhow. Tapi kemarin kami sangat puas bisa berenang.
Receptionist:    Will you be putting this on your credit card? Mau ditagih dari kartu kredit Anda?
Guest:    No. I’ll pay cash. Tidak usah. Saya bayar tunai saja.
Receptionist:    OK. So the total comes to $123.67, including tax.Baiklah, totalnya $123,67, sudah termasuk pajak.
Guest:    I thought it was $115 even. That’s what they said yesterday when we checked in. Bukannya $115? Begitu katanya waktu saya check in?
Receptionist:    Yes, but there is an extra room charge on your bill. Ya. Tapi ada tagihan kamar tambahan dalam tagihan Anda disini.
Guest:    Oh, I forgot. My husband ordered a plate of nachos. Sorry. Oh, ya. Saya lupa. Suami saya pesan sepiring nachos. Ma’af.
Receptionist:    No problem. So…from $140, here’s your change. Now, I’ll just need to ask you for your room keys. Tidak masalah. Uang Anda $140, ini kembaliannya. Ma’af, boleh saya minta kunci kamarnya?

Penjelasan



  • Jika Anda seorang Resepsionis atau orang yang bekerja di Front Desk, maka buatlah percakapan senyaman mungkin. Hal yang paling penting adalah tanyakan tentang pengalamannya selama menginap di hotel tempat Anda bekerja.

  • Jika tamu Anda terlambat untuk check out, dan dia menyadarinya, usahakan untuk memberikan respon seolah-olah itu tidak jadi masalah. Buat alasan yang masuk akal seperti tidak banyak yang memesan kamar pada hari itu, dan lain sebagainya. Jika Anda tamu hotelnya, sebagai basa-basi, Anda boleh menyatakan kalau di hotel lain, terlambat check out akan dikenakan biaya (walaupun Anda tidak mengalaminya begitu).

  • Hal penting lainnya adalah tanyakan kepada tamu Anda apakah ada keluhan-keluhan selama ia menginap di hotel Anda. Ada kalanya Anda boleh menawarkan tamu Anda untuk berbicara dengan Manager Hotel Anda. Dengan demikian, tamu Anda merasa diperlakukan sebagai raja.

Posting Komentar

 
Top