Jika Anda menulis alamat dalam Surat Resmi, maka kita harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan isi surat dan gaya surat yang ingin kita buat. Hal terpenting yang harus kita sangat kita perhatikan adalah apabila kita menggunakan gaya American English, maka secara keseluruhan surat, mulai dari awal hingga akhir harus seragam. Begitu pula apabila kita menggunakan gaya British English, maka keseluruhannya juga harus ada pada gaya bahasa yang sama. Di bawah ini akan kami jelaskan cara pembuatan Business Letter dalam Bahasa Inggris.




Alamat Pengirim dan Tanggal


Pada British English, alamat dan tanggal diletakkan di sudut kanan atas seperti contoh di bawah ini:







Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


25 January 2012



Pada American English, alamat pengirim diletakkan di:

  • Sebelah kiri, di bawah tanggal, atau

  • Di akhir surat, di bawah tanda tangan









January 25, 2012


Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455



atau







Sincerely


James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455



Alamat Penerima


Sebelum kita membahas posisi alamat penerima, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini: Urutan dalam penulisan Penerima dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut: Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr ... Nomor Rumah, jalan Lokasi Kode area NEGARA (huruf besar semua) Pada British English, letak penerima surat sejajar dengan tanggal seperti di bawah ini:







Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN
25 January 2012

Sedangkan pada American English, alamat penerima diletakkan 2 baris di bawah alamat pengirim (atau 2 baris dibawah tanggal jika alamat pengirim diletakkan dibawah tanda tangan).







January 25, 2012


Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN



atau







January 25, 2012


Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN


---- isi surat ----


Sincerely


James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455



Salam Pembuka


Di bawah ini akan kami jelaskan tata cara penulisan Salam Pembuka dalam aturan Business Letter dalam Bahasa Inggris. Ingat sekali lagi, kita harus konsisten, kalau tanggal, dalam gaya British English, maka keseluruhan surat harus dalam gaya yang sama. Begitu juga sebaliknya.

Jika Anda tahu nama orangnya:

Dear Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr + Marga Contoh: Dear Mr Miller Anda juga dapat menuliskan nama lengkapnya, namun kita harus menghilangkan gelarnya (Mr/Mrs). Hal ini sangat berguna apabila Anda tidak mengetahui jenis kelaminnya. Contoh: Dear Chris Miller

Jika Anda tidak tahu nama orangnya:

Ada beberapa cara untuk menuliskan Salam Pembuka apabila Anda tidak tahu nama orang yang Anda tuju, yaitu seperti di bawah ini:

a. British English

  • Dear Sir / Dear Sirs = Jika penerimanya laki-laki

  • Dear Madam = Jika penerimanya perempuan

  • Dear Sir or Madam = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya


b. American English

  • Gentlemen = Jika penerimanya laki-laki

  • Ladies = Jika penerimanya perempuani

  • Ladies and Gentlemen = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya, atau

  • To whom it may concern = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya


TANDA BACA

Pada British English, jangan gunakan tanda baca apapun, atau Anda dapat menggunakan koma

  • Dear Mr Miller

  • Dear Mr Miller,


Pada American English, gunakan tanda baca "titik dua"

  • Dear Mr. Miller:


Perihal (Subjek)


Tujuan dari penulisan "Perihal" adalah agar si penerima surat mendapat gambaran tentang apa sebenarnya surat yang ia terima. Ada 3 (tiga) hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan Perihal, yaitu:

  • Gunakan "Subject:" atau "Re:"

  • Tuliskan perihalnya dalam "Cetak Tebal"

  • Tulis Perihal dalam Huruf Besar


Perhatikan perbedaan penulisan "Perihal" antara British English dan American English seperti di bawah ini: a. British EnglishLetaknya antara Salam Pembuka dan Isi Surat, seperti di bawah ini:







Dear Mr. Hunt


Subject: Request No. 145


Referring to your ...



b. American EnglishLetaknya sebelum salam pembuka, seperti di bawah ini:







Subject: Request No. 145


Dear Mr. Hunt:


Referring to your ...



Isi


Isi surat merupakan hal yang paling penting dalam Business Letter. Isinya harus betul-betul mewakili semua apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa pula untuk meletakkan tata krama. Berikut ini adalah panduannya:

  • Awali dengan huruf besar setia pawal kalimat.

  • Tulisan dalam Business Letter harus rata kiri.

  • Berikan 1 spasi untuk tiap paragraf baru.


Isi dari setiap paragrapnya adalah:

  • Paragraf pertama: Pengantar dan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut.

  • Paragraf berikutnya: Jelaskan secara terperinci alasan Anda mengirimkan surat kepadanya, termasuk latar belakang, dan lain-lain yang dianggap perlu.

  • Paragraf Terakhir: Simpulkan sekali lagi alasan Anda dan harapan kepada penerima surat


Salam Penutup


Salam Penutup sangat berhubungan erat dengan Salam Pembuka. Biasanya ada beberapa aturan main yang harus kita perhatikan. Penyajiannya juga berbeda antara British English dan American English seperti penjelasan berikut ini: British English

  • Jika Anda memakai nama penerima surat pada Salam Pembuka, maka salam penutupnya adalah "Yours sincerely" atau "Sincerely yours".

  • Jika Anda tidak menggunakan nama penerima pada Salam Pembuka, maka Salam Penutupnya adalah Yours faithfully" atau "Faithfully yours".


American English Gunakan "Sincerely" atau "Sincerely yours", untuk semua kasus, yaitu mau Anda gunakan nama penerima ataupun tidak. Dalam Email, Anda dapat gunakan berikut ini untuk Salam Penutupnya:

  • Regards

  • Kind regards

  • Best wishes


Lampiran


Kadangkala kita sering mengirimkan surat beserta dengan lampirannya. Setidaknya ada dua cara untuk menyatakan bahwa surat kita tersebut memiliki lampiran, yaitu:

  1. Menyebutkan satu persatu lampirannya, atau

  2. Hanya menuliskan "Enclosure" tepat di bawah nama penanda tangan surat.


Kesimpulan:

Perhatikan gaya penulisan Business Letter "British English" di bawah ini:














Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455
Mr. James Hunt
46B Park Avenue
London
267BK
GREAT BRITAIN
25 January 2012

Dear Mr. Hunt


Subject: Request No. 145


Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.


We thank you and look forward to hearing from you soon.


Sincerely,


 

James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455

Enclosure



Perhatikan gaya penulisan Business Letter "American English" di bawah ini:







January 25, 2012


Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


Subject: Request No. 145


Dear Mr. Hunt:


Referring to your request No. 145, we inform you that the materials you requested are out of stocks. Therefore, we recommend that you request our new product as we described in the enclosure.


We thank you and look forward to hearing from you soon.


Sincerely,


James Hutauruk
Indonesia Sejahtera Selalu, PT
99 Jl. Belitung Jaya, Medan
North Sumatra, INDONESIA 20223
Tel +626217335455


Enclosure


Posting Komentar

 
Top